Hassan Al-Rammah: Penggagas Roket, Meriam & Torpedo

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
Kontribusi ilmuwan Islam terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dunia memang tidak diragukan lagi. Bagi pengembangan teknologi militer, sejarah mencatat nama Hassan Al-Rammah, seorang ilmuwan asal Suriah. 

Roket, Meriam dan Torpedo, adalah senjata yang dikembangkan dari pemikiran ilmiahnya.

Roket

Al-Rammah mulai menuliskan buah pemikirannya pada abad ke-13. Berabad-abad setelahnya, karya dia dijadikan acuan di Barat.

Pencatatan roket pertama yang dibuat manusia terdapat dalam bukunya. Model roket pertama ini kini disimpan di National Air and Space Museum di Washington DC, Amerika Serikat.

Hebatnya lagi, Al-Rammah bukan hanya memberikan banyak informasi tentang roketnya saja, melainkan juga memberikan penjelasan soal bahan bakarnya. Saat ini ada empat naskah Arab (naskah Almakhzoun), satu tersimpan di St. Petersburg, dua di Paris, dan satu lagi di Istanbul.

Naskah dari tahun 1320 ini menjelaskan sekaligus menggambarkan meriam pertam ayang bisa dibawa-bawa, lengkap dengan bubuk mesiunya.

Sumbangan Al-Rammah lainnya adalah penemuan berbagai jenis panah api, lembing, dan juga membuat ilustrasi senjata yang saat ini kita kenal sebagai torpedo.

Dalam perkembangannya kemudian, apa yang ditulis dan ditemukannya dikembangkan hingga menjadi persenjataan komdern seperti sekarang ini. Atas kontribusi al-Rammah dan banyak lagi ilmuwan Muslim lainnya, para ilmuwan Barat menyatakan bahwa orang Arablah mungkin yang paling pertama memiliki rahasia pembuatan roket.

Baca Juga Yang Lainnya: