Ada Masjid Khusus Muslimah Di China

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.Id - Masjid Lulan, masjid yang sudah dibangun berabad lalu dialihfungsikan menjadi masjid khusus perempuan. Muslimah Hui kini dapat menikmati hak istimewanya. Selain masjid ini hanya didatangkan untuk para muslimah, masjid ini juga diurus oleh para perempuan dan semua biaya untuk keperluan masjid didapatkan secara swadaya.

Masjid Lulan ( Foto @Source )

Di bangun selama berabad-abad lalu, Masjid Lulan yang berlokasi di provinsi Barat Laut, telah berubah fungsi menjadi masjid perempuan. Bagi kalangan muslim Hui, berubahnya fungsi tersebut merupakan wujud penghargaan terhadap hak muslimah Cina.

Ma Guifang, salah seorang sesepuh muslim Hui, 80 tahun, mengaku tidak semua muslimah Cina dapat menikmati hak istimewa.

"Mendatangi masjid ini membuat saya merasa diberkati," kata Ma Guifang.

Selama 20 tahun terakhir, muslimah hui berusia lanjut rutin mendatangi masjid khusus perempuan.

MASJID SWADAYA

Yang menarik, meski dihadiri jamaah perempuan, masjid itu tidak memiliki imam perempuan. Imam masjid itu tetap dijabat oleh laki-laki. Hebatnya lagi, mereka mampu mengurus masjid itu secara swadaya.

Sumber Foto ( Foto @Source )

Ma Lan, 46 tahun, misalnya, ia bertugas untuk menyalakan pemanas air untuk menghangatkan air yang digunakan sebagai wudhu. Ia memulai tugasnya sebelum azan Subuh berkumandang.

"Semua pekerjaan dilakukan oleh perempuan. Demikian pula dengan pembiayaan masjid yang didanai melalui sumbangan jamaah perempuan," kata dia.

Setiap bulan, Masjid Lulan mampu mengumpulkan sumbangan 2.000 - 3.000 Yuan atau 32-41 dolar AS. Sumbangan terbesar terkumpul pada pelaksanaan shalat Jumat sebanyak 150 orang.

Sekjen Asosiasi Islam Cina, Jin Rubin, menilai fenomena itu hanya ada di Cina. Namun, bukan hal yang umum di kalangan muslim Cina.

"Yang pasti, masjid khusus perempuan telah mendorong taraf pendidikan yang lebih baik pada muslimah Cina," kata dia.

KEMAJUAN PEREMPUAN

Pendapat senada diutarakan Wang Yuming, Direktur Masjid Xihu Lanzhou. Menurut dia, Islam sangat mendukung kemajuan perempuan. Itu karena Islam percaya perempuan memiliki peranan penting dalam pendidikan awal dari keluarga.

"Dari peran perempuan, akan tercipta masyarakat yang stabil," katanya. Sesepuh muslimah Hui, Ma Lanying, 76 tahun, mengatakan menuntut ilmu tidak mengenal umur. Apalagi ilmu yang dimaksud tentang Islam dan Alquran.

"Saya merasa bangga dapat memahami Alquran dan tahu maksud dari kewajiban muslim melaksanakan shalat," kata dia.

Mulimah Hui, Ma Aizheng, mengatakan mempelajari Alquran memberi dukungan besar bagi kualitas spiritual dirinya. "Selesai pensiun, saya banyak waktu luang: Saya putuskan untuk pelajari Alquran," katanya.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...