Nabi Dan Olahraga Jalan Kaki

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.Id - Di samping baik untuk peredaran darah, jalan kaki pun dapat menjadi terapi pengobatan. Nabi sendiri berolahraga dengan cara jalan kaki.

Jalan Kaki ( Foto @Source )

Jalan kaki seringkali dianggap sepele. Tapi, menurut ilmu kedokteran, jalan kaki merupakan olahraga yang mengandung banyak manfaat. Berbagai penyakit dapat ditangani dengan terapi ini. Di samping itu, jalan kaki sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Terlebih jika itu dilakukan di pagi hari, yaitu seusai shalat Subuh. Faedahnya dapat berlipat ganda.

Hal ini sering dilakukan Nabi. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa ketika Nabi pergi menuju suatu tempat dengan Siti Aisyah, Nabi melakukannya dengan jalan kaki. Nabi dan Aisyah berjalan kaki sebagai media olahraga. Bahkan, Nabi dan Aisyah saling mendahului satu sama lain.

Nabi kadang di depan, kadang pula di belakang. Ini dimaksudkan agar jalan kaki dilakukan penuh semangat.

Di samping penuh semangat, olahraga jalan kaki harus tetap rileks. Jangan sampai olahraga ini dilakukan dengan tegang. Sebab, hal tersebut tidak baik bagi tubuh. Olahraga ini harus dilakukan dengan semangat tapi santai. Nabi sendiri melakukannya sambil mengobrol dengan Aisyah.

Kata Aisyah, "Nabi mendahuluiku, maka aku pun mendahuluinya. Begitulah sampai daging ini serasa membebaniku. Setelah itu, Nabi mendahuluiku dan mendahuluiku serya berkata, "ini dan itu."

Sayangnya, kini, banyak orang enggan berjalan kaki. Masyarakat zaman sekarang lebih memilih naik kendaraan bila hendak menuju suatu tempat, meski yang dituju lokasinya sangat dekat. Ini tentu budaya hidup yang kurang baik. Sebab, kaki harus terbiasa digerakkan. Dengan begitu, otot-otot di kaki dan di tubuh tidak menegang, sehingga peredaran darah bisa lancar.

TERAPI PENGOBATAN

Jalan kaki telah dijadikan terapi pengobatan oleh Nabi Ayub. Ketika ia diuji oleh Allah dengan penyakit kulit yang sangat parah, maka ia menggerakkan kakinya sambil berjalan-jalan. "(Allah berfirman), 'Hanta makanlah kakimu. Inilah air yang sejuk untuk mandi dan minum." (QS. Shaad: 42).

Sejumlah pakar kedokteran di Barat telah mengungkap rahasia ayat ini. Nabi Ayub telah berhasil mengobati penyakitnya dengan terapi jalan kaki, kemudian mandi dengan air dingin, dan minum air dingin.

Olahraga jalan kaki juga ternyata dapat meningkatkan gairah anggota tubuh dan melenturkan badan. Saringan yang diproduksi darah putih dapat meningkat dan akan lebih efektif dalam tiap gerakan yang merupakan alat penangkal dalam tubuh manusia. Jalan kaki juga dapat menghilangkan berbagai virus. Peredaran darah putih sebagai penjaring dapat terus aktif sesuai dengan perubahan temperatur panas tubuh.

Olahraga jalan kaki secara teratur memberikan manfaat sangat bagus untuk fisik dan kesehatan. Olahraga ini memberikan kesenangan fisik dan mental. Ia dapat membuat jantung kuat; mempercepat sistem pencernaan; meningkatkan kapasitas bekerja; membantu membakar lemak; menambah selera makan; mengencangkan otot bagian kaki dan punggung; serta membuat tidur lebih nyenyak.

Jalan kaki juga termasuk olahraga yang sangat murah. Tak perlu biaya. Tapi, manfaatnya sangat luar biasa. Bahkan, olahraga ini dapat meningkatkan kesehatan organ otak. Hal ini dibuktikan para ahli kedokteran di Universitas Ulm di Jerman.

Mereka berpendapat bahwa jalan kaki mampu membuat otak menjadi lebih encer dalam berpikir. Mereka melakukan penelitian terhadap para pecandu jalan kaki selama beberapa minggu. Akhirnya mereka menyimpulkan  bahwa pada saat kaki diinjakkan ke tanah atau jalan beraspal, maka konsentrasi dan memori visual akan meningkat.

Penelitian lain menyebutkan bahwa olahraga jalan kakki dapat membantu mencegah gejala stres dan depresi. Bahkan, jalan kaki bisa mencegah efek samping negatif menopause dan kehamilan.

Dr. Keith W. Johnsgard dalam buku The Exercise Prescription for Depression and Axiety menuliskan bahwa peningkatan aliran darah akibat jalan kaki dapat membuat orang lebih tenang dalam menghadapi stres dan dapat meregangkan otot - otot di tubuh.

Di samping itu, sebuah penelitian di Melpomene Institute menemukan sebuah konklusi bahwa olahraga jalan kaki dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pikiran positif. Pada akhirnya, orang yang rutin berjalan kaki dapat lebih produktif dalam bekerja dan beraktivitas. Karena itu, berjalan kaki sangat baik sekali. jadikanlah ini gaya hidup. Sempatkan diri untuk berjalan kaki. Minimal seribu langkah dalam sehari.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...