Menyesal Menolak Lamaran

Friday, January 12, 2018
Assalamualaikum, Jangan lupa selalu Like juga ya fanspage kami (FANSPAGE AKU ISLAM), agar lebih mudah terkoneksi dengan kami tentunya.

Advertisement
AkuIslam.id - Saya adalah seorang wanita berusia 24 tahun. Pada tahun 2005, saya pernah menolak lamaran pacar saya setelah berpacaran selama 6 tahun. Tetapi waktu saya menolak lamaran pacar saya, saya tidak memberitahukan alasan yang sebenarnya kepada dia.

Ilustrasi ( Foto @Source )

Tapi, karena alasan itu saya rahasiakan (Tidak saya beritahukan kepada pacar saya, saya menjadi tidak tenang). Pertanyaan saya adalah :
  1. Apakah benar orang yang pernah menolak lamaran seorang pria, dia akan susah mendapat jodohnya kembali?
  2. Apakah saya harus memberitahukan alasan sebenarnya kepada dia atau pacar saya karena masalah ini sudah lama terjadi atau terlambat (saya takut nanti dia mengira saya wanita yang tidak tahu malu, karena masalah ini sudah lama terjadi kok baru memberi alasan)?
  3. Apakah saya harus mengatakan tentang perasaan saya sebenarnya kepada dia? terus terang, selama ini saya menyesal telah menolak lamaran dia dan sampai saat ini pun, saya masih sayang dan tidak bisa melupakannya.
Bagaimana cara saya keluar dari masalah ini, karena saya sangat tersiksa dengan perasaan saya sendiri dan rasa bersalah ini.

Diatas adalah curhatan dan pertanyaan dari Sahabat AkuIslam.id dari Bekasi

Menolak lamaran memang tidak baik bila bukan dasar syar'i. Tapi bila penolakan Anda itu karena alasan yang sesuai syar'i tidak usah menyesal dan yakinlah dengan kemurahan Allah SWT. Tidak ada salahnya Anda menyampaikan permohonan maaf lahir batin, tapi tidak usah mengungkapkan permasalahan yang lalu.