Abu Hanifah Enterpreneur Ulung

Sunday, January 21, 2018
Advertisement
AkuIslam.Id - Jangan mau menjadi ilmuwan hebat, namun jiwanya kering. Atau menjadi ahli ibadah tapi intelektualnya kering! Imam besar Abu Hanifah boleh menjadi teladan dalam hal ini.

Ilustrasi Abu Hanifah ( Foto @Source )

Tahukah Anda, dalam catatan sejarah Islam, sebagaimana terdapat dalam kitab Tariikhul Baghdad, Abu Hanifah, selain dikenal sebagai tokoh fikih, ia juga tercatat sebagai seorang enterpreneur ulung. Ia adalah seorang kontraktor kenamaan pada masanya dengan kekayaan yang melimpah ruah.

Diceritakan pula, ketika ada tender pembangunan Benteng Baghdad kota penting pada waktu itu di antara sekian banyak pendorong waktu itu, Abu Hanifah lah pemenangnya.

Tokoh yang kita kenal dengan imam mazhab paling tua ketimbang ketiga imam lainnya (Imam Malik, Hanbali dan Syafi'i) ini, melakukan studi banding sampai ke Mawara An-Nahr sebuah negeri yang sekarang dikenal dengan negara bekas jajahan Uni Soviet untuk membangun tembok yang tendernya telah ia menangkan.

Hal tersebut ia lakukan untuk mencari benteng mana yang paling kukuh, dan ia pun melakukan penggabungan konstruksi di berbagai belahan dunia.

Dengan profesinya sebagai pemborong, tentu saja kegiatan yang dijalani Abu Hanifah tidak hanya sebatas mengurus masjid, melainkan juga melakukan kegiatan lain, seperti kunjungan ke berbagai kota besar di negara lain.

Di dalam kitab sejarah lainnya, al-Dzahaab, dijelaskan bahwa Imam Abu Hanifah adalah seorang tailor (pengusaha konveksi). Ia memiliki kios besar yang terletak di Pasar Baghdad.