Cara Istikharah Memilih Jodoh

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
Memilih Jodoh terkadang gampang-gampang susah. Islam memberi solusi, ketika kita bimbang menentukan pilihan, segeralah salat (istikharah).

Doa Untuk Menentukan Jodoh ( Foto @Source )

Dalam satu riwayat disebutkan, ketika Zainab mendapat lamaran dari Rasulullah SAW melalui Zaid, Zainab menjawab, "Aku tidak akan melakukan apapun sebelum aku bermusyawarah dengan Tuhanku (dengan istikharah)." (HR Muslim). Agar efektif, maka lakukan salat istikharah seperti tuntunan berikut:

MINIMAL DUA RAKAAT

Seperti salat sunnah lainnya, salat istikharah paling sedikit dua rakaat. Salat ini bisa dilakukan tersendiri atau menyatu dengan salat sunnah lain (rawatib, tahiyyatul masjid, dll). Kalau menyatu, harus ada niat bahwa dengan salat sunnah lain itu hendak dilakukan salat istikharah sekaligus.

Salat ini bisa dilakukan kapan saja. Boleh membaca surat apa saja setelah membaca Al Fatihah. Yang lebih utama adalah membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al Ikhlas pada rakaat ke dua.

Istikharah boleh dilakukan berulang kali. Karena istikharah adalah doa dan tentu saja boleh berulang kali. Ibnu Az Zubair sampai-sampai mengulang istikharahnya tiga kali. Dalam shahih Muslim, Ibnu Az Zubair mengatakan, "Aku melakukan istikharah pada Rabbku sebanyak tiga kali, kemudian aku pun bertekad menjalankan urusanku tersebut."

TIDAK HARUS MENUNGGU MIMPI

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui jodoh terbaik setelah sahalat? Apakah petunjuk harus selalu lewat mimpi? Hati-hati, hasil istikharah tidak harus menunggu mimpi. Hindari ritual-ritual lain setelah salat, seperti melempar kertas undian, membuka Alquran secara acak kemudian membaca ayat pertama. Apabila ayat tersebut berbicara tentang hal baik maka pilihannya adalah baik dan apabila ayat tersebut tentang hal buruk maka pilihannya adalah buruk.

Solusinya, jika kita sudah yakin dengan pilihan kita, maka itulah jodoh terbaik itu. Jika memang pilihan itu dipersulit, maka berarti pilihan tersebut tidak baik untuk kita. Namun jika memang pilihannya tadi adalah baik, pasti akan dimudahkan oleh Allah.

DOA ISTIKHARAH

Setelah salat istikharah bisa berdoa agar diberi petunjuk jodoh terbaik, boleh pakai bahasa apa saja. Tetapi secara umum doa setelah salat istikharah:

"Allahumma, innii astakhiruka bi'ilmika, wa astaqdiruka biqudratik. Wa as-aluka min fadhlika 'azhiimi, fa inaaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyuub.

Allahumma, in kunta ta'lamu anna haadzal amra khairul lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibvati amrii, faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiih. Wa in kunta ta'lamu anna haadzal amra syarrul lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii, fashrifhu 'an-nii, washrifnii 'anhu, waqdur liyal khaira haitsu kaana, tsumma radhdhinnii bih."
Artinya; "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan (yang tepat) kepada Engkau dengan ilmu (yang ada pada)-Mu, dan aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu. Dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, dan Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta (lebih baik pula) akibatnya (di dunia dan akhirat), maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. Dan sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih buruk untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta (lebih buruk pula) akibatnya (di dunia dan akhirat), maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya."
Perlu diperhatikan, sebelum istikharah, kita tentu sudah punya berbagai pertimbangan terkait calon pasangan. Kalau seluruh pertimbangan nalar dan logika sudah selesai dan hasilnya positif, maka serahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT dengan salat istikharah.

Artinya, jangan tertipu mimpi, karena itu bisa bersumber dari ilham, akan tetapi seringkali juga datang dari setan.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...