Rasulullah Sahabat Semua Orang - Aku Islam

Post Top Ad

Rasulullah Sahabat Semua Orang

Rasulullah Sahabat Semua Orang

Share This
Advertisement
Walau Rasulullah adalah pemimpin umat, namun pribadinya yang mulia dan baik hati membuat semua orang nyaman ketika berada di dekat beliau. Rasulullah pun menjadi sahabat banyak orang. Mulai dari anak kecil, wanita dan laki-laki dewasa hingga orang lanjut usia suka sekali berbicara dan menanyakan masalahnya kepada beliau.
Rasulullah Sahabat Untuk Semua Orang ( Foto @Source )
Rasulullah Saw selalu ada untuk semua golongan masyarakat. Semua orang yang punya masalah atau pertanyaan bisa datang kepada beliau. Beliau adalah Nabi yang dipuji di langit dan di bumi. Beliau adalah orang yang luar biasa, yang dilahirkan sebagai rahmat bagi alam semesta.

Meskipun beliau adalah orang yang luar biasa. Rasulullah Saw tidak pernah sombong. Beliau biasa menghabiskan waktu bersama siapa saja. Anak-anak senang menemui beliau. Ketika para pemuda mempunyai pertanyaan, mereka akan bertanya kepada beliau. 

Ketika para perempuan mempunyai masalah, mereka akan datang kepada beliau. Orang-orang lanjut usia menaruh harapan kepada beliau. Kepada mereka, Rasulullah Saw pun menghadirkan rasa cinta, kebahagiaan, dan penyelesaian karena beliau adalah Nabi Allah yang terpilih.

MEMBERIKAN JALAN KELUAR

Rasulullah Saw biasa menyisihkan satu hari dalam seminggu bagi para perempuan dalam masyarakat. Ketika hari itu tiba, kaum perempuan biasa berkumpul dan mengajukan pertanyaan yang mereka punya kepada Rasulullah. Hari itu adalah salah satu hari ketika para perempuan berkumpul di sekeliling Rasulullah.

Para perempuan itu berbicara dan mengajukan pertanyaan bersama-sama. Mereka saling meninggikan suara. Suara mereka begitu riuh sampai-sampai suara Rasulullah tidak terdengar.

Tidak jelas siapa berkata apa, namun, Tanpa menunjukkan kemarahan, Rasulullah Saw mendengarkan mereka semua, satu per satu dan memberikan jalan keluar bagi masalah mereka.

Tepat saat itu, Umar lewat di luar. Para perempuan itu mendengar langkah kakinya. Dan ketakutan, mereka langsung menenangkan diri dan bersiap untuk menyambutnya. Tiba-tiba saja keriuhan itu berhenti. Ketika Umar memasuki ruangan, suasana benar-benar senyap.

Orang-orang yang beberapa saat lalu saling memotong pembicaraan yang lain dan secara bersamaan mengajukan segala macam pertanyaan kepada Rasulullah sekarang langsung berubah. Mereka mulai berbisik-bisik, seolah mereka adalah sekelompok perempuan yang berbeda.

UMAR DATANG

Rasulullah memperhatikan bahwa kedatangan Umar membuat suasana menjadi tenang. Senyum mengembang di wajah beliau. Dengan heran, Umar bertanya, "Hidupku adalah tebusanmu wahai Rasulullah! Mengapa engkau tersenyum?"

Rasulullah Saw berkata, "Perilaku orang-orang yang ada di sekelilingku, yang menjadi tenang ketika mendengar suaramu, membuatku senang."

Kata Umar, "Ya Rasulullah, menurutku kau lebih pantas mendapatkan rasa hormat ini lebih daripada siapapun."

Sesudah itu, ia berpaling kepada para perempuan itu, "Wahai para perempuan, kalian adalah musuh dari diri kalian sendiri. Apakah kalian takut kepadaku, bukannya kepada Rasulullah Saw?"

Para perempuan itu menjawab, "Kau lebih keras daripada Rasulullah Saw. Kau tidak setoleran beliau. Itulah sebabnya kami bersikap seperti ini."

Rasulullah Saw mengakhiri pembicaraan itu dengan catatan yang indah, "Wahai Umar, mereka mengatakan yang sebenarnya. Ketika kau berada di jalan, setan pun akan berbalik arah, demi Allah, agar tidak bertemu denganmu."

Mendengar kata-kata itu, orang-orang di sekeliling Rasulullah Saw pun tertawa. Rasulullah Saw memang sahabat semua orang dan penjaga segala rahasia.
Advertisement

Post Bottom Ad

Pages