Mengapa Sering Malas SHALAT? - Aku Islam

Post Top Ad

Mengapa Sering Malas SHALAT?

Mengapa Sering Malas SHALAT?

Share This
Advertisement
Apakah akhir-akhir ini Anda sering merasa malas untuk melakukan / mengerjakan ibadah Shalat?, Atau Anda melakukan shalat sering bolong-bolong tidak lengkap lima waktu, Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya.
Ilustrasi Seorang Pria Waktunya Shalat Malah Tidur ( Foto @Source )
Atau Anda hanya melakukan shalat begitu saja atau salat biasa, dan tidak dengan niat semua karena Allah, mungkin ada yang perlu diperbaiki jika hati kalian sudah tidak ada di situ?

Ada beberapa problem yang dialami umat Islam sehingga ia malas beribadah. Salah satunya adalah kesalahan menjadikan perintah ibadah sebagai beban.

Contohnya dalam shalat, ia akan tidak serius atau asal-asalan dan hanya sekedar menggugurkan kewajiban.

Sebenarnya perintah shalat bukan hanya diartikan kewajiban saja, melainkan juga sebagai kebutuhan manusia. Hal itu sebagai kebutuhan manusia. Hal itu sesuai dengan firman Allah, "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang meyakini (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka kembali kepada-Nya," (QS Al Baqarah 2:45-46).

Jika filosofi itu yang ditanamkan dalam otak kita, maka shalat akan menjadi aktivitas yang tidak mengasyikkan serta membosankan, dan jika cara shalat itu dipertahankan maka hanya mendapatkan lelah dan capek.

Tanamkan di hati bahwa shalat adalah komunikasi dengan Sang Khalik, jadi harus menampakkan wajah cerita dengan hati yang senang. Dari itulah diperlukan pemahaman filosofi shalat yang benar, sehingga kualitas ibadah dapat diraih.

Selain itu, jangan berpikir shalat khusyuk itu sulit diraih orang awam. Yakinkan diri serta terus berdoa bahwa kita bisa merasakan khusyuk. Tentu saja semua syarat pendukung khusyuk harus sudah dilakukan.

Ketika khusyuk dalam shalat sudah dirasakan, saya yakin bahwa nantinya Saudara akan "Ketagihan" untuk shalat. Ada perasaan yang nyaman ketika shalat sehingga ia tidak ingin cepat-cepat menyelesaikan shalatnya.

Selain itu, bertobatlah dan jauhilah perkara maksiat yang bisa menutup hati dari ilham Allah. Jangan biarkan hati di kuasai oleh setan. Sucikan hati dan selalu mengingat-Nya.

Ketika hendak shalat, tinggalkan semua urusan duniawi. Fokuskan diri untuk menuju Allah SWT. Usahakan badan rileks dan dibarengi dengan kesadaran diri menuju Allah SWT.
Advertisement

Post Bottom Ad

Pages