Wujud Malaikat Izroil Ketika Mencabut Nyawa

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Malaikat Izroil akan mendatangi orang mukmin yang akan meninggal dunia dengan wajah yang berseri-seri. Sebaliknya bila akan mencabut nyawa orang kafir, maka Izroil akan datang dengan wajah yang menakutkan.

Semua manusia pasti akan meninggal dunia. Di ujung maut itulah mereka akan ditemui oleh malaikat Izroil yang akan mencabut nyawa orang tersebut. Jika orang yang akan dicabut nyawanya itu orang Mukmin yang tidak berdosa, maka malaikat itu datang sebagai seorang yang rupawan. Tetapi jika datang pada orang kafir dan munafik maka mereka mendatanginya dengan rupa yang menyeramkan.

Ilustrasi Malaikat Izroil ( Foto @islamidia.com )

Bara' bin Azib telah meriwayatkan yang dikutip dalam hadis Sunan Abu Dawud, bahwa sesungguhnya jika orang Mukmin, maka ketika dia akan keluar dari dunia ini dan menuju alam akhirat, maka dia didatangi malaikat yang turun dari langit dengan muka yang putih berseri. Seolah-olah wajah malaikat itu seperti sinar matahari. 

KEJAM DAN KASAR

Mereka itu membawa kain kafan yang dibawa dari syurga. Juga membawa wangian dari syurga. Malaikat datang sambil duduk sejauh mata memandang. Kemudian datanglah malaikat maut dengan duduk di sisi kepalanya.

Malaikat itu mengatakan, "Hai nafas yang baik (tenang), keluarlah anda sekarang dengan mendapatkan ampunan dari Allah dan kerelaanNya".

Kemudian keluarlah nyawa itu seperti mengalirnya sebuah tetesan yang berasal dari satu minuman, kemudian malaikat itu mengambil  nyawa itu. Demikian indahnya dan lembutnya malaikat Izroil melakukan tugasnya kepada orang mukmin.

Namun sebaliknya, jika orang yang akan dicabut itu nyawa orang yang kafir, yang termasuk di dalamnya adalah artinya penjahat, penzina atau pendusta, maka ketika orang itu di dunia lalu dia didatangi malaikat Izroil yang turun dari langit dengan keadaan yang kejam dan kasar.

Malaikat Izroil akan menampakkan wujudnya dengan wajah yang hitam. Malaikat Izroil membawa pakaian berbulu, lalu Malaikat Izroil duduk di sisi kepala orang kafir itu.

Dengan nada tinggi, Malaikat Izroil berkata, "Hai nyawa yang jahat, keluarlah engkau sekarang menuju kemurkaan Allah dan kemarahanNya".

Lalu dipisahkan nyawa itu dari tubuhnya, yang terpisahnya itu laksana dicabutnya bulu basah oleh besi panas yang kemudian diikuti dengan putusnya keringatnya dan urat sarafnya.

MURKA ALLAH

Nabi SAW telah mengungkapkan tentang adanya malaikat maut yang akan memberikan berita gembira kepada mereka yang akan mati sebagai seseorang mukmin dengan janji ampunan Allah serta kecintaan-Nya. Namun bagi mereka yang kafir atau orang yang jahat (berdosa), bagi mereka dijanjikan pula adanya kemurkaan dan kemarahan Allah kepadanya.

Orang kafir akan dimatikan dengan cara yang menyakitkan. Sebagaimana Allah SWT firmankan dalam Alquran tentang malaikat yang akan mematikan mereka yang kafir dalam peperangan Badar, Allah SWT berfirman, "Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka dan berkata: Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar. Demikian itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Sesungguhnya Allah tidak sekali-kali menganiaya hamba-Nya" (QS. Al-Anfaal)