Dapatkan Pilihan Terbaik Dengan Shalat Istikharah

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Setiap orang tentu menginginkan mendapatkan pilihan yang terbaik ketika dihadapkan dengan suatu urusan. Agar tidak salah pilih, harus dilakukan dengan cara - cara terbaik, yaitu dengan shalat Istikharah.

Ilustrasi Shalat Istikharah ( Foto @U-Report )

Shalat yang satu ini menjadi solusi bagi yang sedang bingung menghadapi dua pilihan. Berikut tuntutannya :

CUKUP 2 RAKAAT

Shalat Istikharah dilakukan sebanyak dua rakaat. Di laksanakan secara munfarid (sendirian). Waktunya pagi, siang, atau malam hari. Hanya saja, di sepertiga malam hal itu lebih utama.

Jika Anda ingin melafalkan niatnya, berikut artinya : Ushalli sunnatal istikharaati rak'ataini lillahi ta'aala (aku shalat sunah Istikharah karena Allah SWT).  

Para ulama memberi nasihat, para rakaat pertama, setelah membaca Al Fatihah, disunahkan membaca surat Al Kafirun, dan pada rakaat kedua (setelah Al Fatihah) membaca surat Al Ikhlas.

Setelah shalat dianjurkan berdoa : "Allahumma, inii astakhiiruka bi'ilmika, wa astaqdiruka biqudratik. Wa asaluka min fadhlikal 'azhiimi, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allamul ghuyuub. Al-Laahumma, in kunta ta'lamu anna haadzal amra khairul lii fii diinii wa ma'aasyii wa'aaqi-bati amrri, faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiih. Wa in kunta ta'lamu anna haadzal amra syarrul lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii, fashrifhu 'annii, washrifnii 'anhu, waqdur liyal khaira haitsu kaana, tsumma radhdhinni bih."

Artinya, "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan (yang tepat) kepada Engkau dengan ilmu (yang ada pada)-Mu, dan aku memohon kekuasaan-Mu (Untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu. Dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, dan Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta (lebih baik pula) akibatnya (di dunia dan akhirat), maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. Dan sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih buruk untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta (lebih buruk pula) akibatnya ( di dunia dan akhirat), maka jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya."

PILIHAN TERBAIK

Tujuan utama dalam shalat Istikharah adalah untuk mendapatkan yang terbaik dari suatu perkara yang sedang dihadapi seseorang. Sebab, tak seorang pun yang bisa mengetahui bahwa apa yang menjadi pilihannya itu adalah yang terbaik baginya atau tidak. Karena itu, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan shalat Istikharah. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman : "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui," (QS Al BAqarah: 216).

Sebagai catatan, apa yang harus dipilih ada syaratnya, yakni sama-sama baik, dalam arti bukan sesuatu yang dilarang. Rasulullah Saw sendiri ketika dihadapkan dengan suatu pilihan, beliau selalu menjauhkan diri dari pilihan-pilihan yang mengandung dosa dan mengambil yang paling mudah berdasarkan nalar dan pemikirannya.

Dalam sebuah riwayat, disebutkan : "Rasulullah Saw ketika dihadapkan dua pilihan, beliau selalu memilih yang termudah selama itu tidak mengandung dosa, apabila itu mengandung dosa, maka beliau menjauhinya," (HR Muslim).

Mudah-mudahan dengan shalat sunah tersebut kita mendapatkan petunjuk.