Rahasia Sehat Shalat Subuh

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Ternyata bangun sebelum Subuh dan shalat Subuh berjamaah tak hanya besar pahalanya, tapi juga bisa menyehatkan dan menjadi kesuksesan kehidupan kita. Tentu saja sukses di dunia dan sukses di akhirat.

Ilustrasi Shalat Subuh Berjamaah ( Foto @Republika )

Terkadang kita agak berat menjalankan shalat Subuh tepat waktu, apalagi berjamaah. Padahal shalat Subuh tersebut memiliki banyak rahasia yang menakjubkan. Tidak mengherankan jika para sahabat Nabi Saw pun berusaha sekuat tenaga agar tidak kehilangan waktu emas itu.

Pernah suatu ketika mereka terlambat shalat Subuh dalam penaklukkan Benteng Tsatar. "Tragedi" ini membuat sahabat, di antaranya Anas bin Malik menangis bila mengenangnya.

Berikut rahasia sehat dan berkah dengan shalat Subuh.

BANGUN LEBIH AWAL

Bangun lebih awal tentu saja dimaksudkan agar kita dapat melaksanakan shalat Tahajud. Atha Ibnu Umar dan Ubaid bin Umair, bercerita bahwa Aisyah pernah menceritakan kepada mereka,"...Suatu malam Rasulullah datang kepadaku, lalu memelukku dengan penuh mesra. Rasulullah berkata, 'Apakah kau izinkan kalau aku melakukan ibadah kepada Allah? Jawabku, 'Demi Allah aku sangat mencintai kedekatan dan ibadahmu kepada Allah. Lalu Rasulullah Saw berdiri mengambil air wudu, kemudian melakukan shalat sambil menangis berurai air mata hingga jenggotnya basah. Lalu beliau sujud, hingga basahlah tempat sujudnya. Selesai shalat beliau tiduran sambil tetap menangis hingga bilal mengumandangkan azan Subuh. 

Dalam hadis tersebut kita pun diajarkan memanfaatkan waktu tersebut untuk menyucikan diri dengan berwudu dan shalat malam.

BERSIHKAN GIGI

Di penghujung malam terakhir atau menjelang Subuh, waktu yang mustajab (terbaik/doa terkabul) untuk berdoa. Ibnu Abbas bercerita, "...Ketika malam tinggal sepertiga, Rasulullah Saw bangun, lalu duduk sambil memandang ke atas, seraya membaca (berdoa) ayat, (QS Ali Imran (3): 190-195). Sesudah itu Rasulullah berwudu dan menggosok gigi, kemudian shalat sebelas rakaat,...," (HR Bukhari).

Selain pelajaran shalat malam dan berdoa, dalam hadis tersebut kita diajarkan oleh Rasulullah agar tidak lupa menggosok gigi menjelang Subuh. Kalau seperti itu, insya Allah kesehatan gigi kita akan terjaga.

SHALAT BERJAMAAH

Ada juga yang bertanya, shalat Subuh yang menyehatkan itu bagaimana, shalat di rumah atau di masjid? untuk menjawab pertanyaan ini, bisa kita memperhatikan sebuah hadis, "Suatu ketika Rasulullah Saw shalat Subuh di Masjid Nabawi. Begitu pulang, beliau mendapati putrinya Siti Fatimah masih tidur. maka beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kakinya, kemudian berkata, 'Hai Fatimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabbmu, karena Allah SWT membagi-bagi rezeki pada hamba-Nya antara shalat Subuh dan terbitnya matahari'," (HR Baihaqi).

Untuk itu Rasulullah Saw selalu mengingatkan para sahabat dan keluarganya untuk melakukan shalat Subuh berjamaah.

DIJAMIN SUKSES

Sukses itu adalah keberkahan hidup. Apa itu berkah? Imam Al Ghazali memaknai berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni, "bertambahnya kebaikan." Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak dan usia.

Nah, kalau kita mau berjamaah Subuh, dijamin hidupnya berkah, karena Nabi berdoa, "Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh," (HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Shalat Subuh jadi tolak ukur keimanan seseorang. Rasulullah Saw bersabda, "Shalat yang paling berat bagi orang-orang mnuafik adalah shalat Isya dan shalat Subuh," (HR. Ahmad). Begitupun riwayat dari Ubai bin Ka'ab, "Rasulullah Saw pernah shalat Subuh, kemudian berkata, 'Apakah kalian menyaksikan bahwa si Fulan shalat?' Mereka menjawab, 'Tidak'. Beliau berkata lagi, 'Si FulN? merka menjawab, 'Tidak'. Maka Nabi Saw berkata, 'Sesungguhnya dua shalat ini (subuh dan Isya) adalah shalat yang berat bagi orang-orang munafik. Sesungguhnya, apabila mereka mengetahui apa yang ada dalam shalat subuh dan Isya, maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak," (HR Ahmad dan Nasai).

Untuk itu jangan pernah ragu tentang keutamaan shalat Subuh. Sebab Allah SWT sendiri telah menegaskannya dalam firman-Nya, "Dirikanlah shalat Subuh dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dan (dirikanlah pula shalat) Subuh. Sesungguhnya itu disaksikan (oleh malaikat), " (QS Al Isra' (17): 78).

Mudah-mudahan dengan banyak uraian tersebut di atas, kita makin semangat shalat Subuh. Insya Allah.