Plus Minus Gadai Syariah

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Gadai syariah kian diminati oleh masyarakat. Nilai taksiran yang tinggi menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen. Namun demikian keberadaannya yang kurang merata masih menjadi kendala. terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah.

Ilustrasi Gadai Syariah ( Foto @U-Report )

Perbankan syariah terus berkembang. Variasi produk serta bebas riba membuat bank bersistem syariah ini diterima oleh semua kalangan. Salah satu produk yang paling diminati adalah gadai syariah. Saat ini sejumlah bank syariah gencar mempromosikan gadai syariah yang terbukti menguntungkan nasabah.

Salah satunya adalah PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) syariah carang Surabaya dengan produk Gadai Syariah. Gadai emas syariah merupakan salah satu produk Unit Usaha Syariah BTPN untuk melayani mas-market. 

Pembiayaan gadai syariah ini berdasarkan prinsip Qardh dengan jaminan barang berupa emas. "Hingga saat ini, sudah ada banyak nasabah yang memanfaatkan produk ini. Kami berharap jumlah itu akan terus meningkat di akhir tahun nanti," terang Inayat Hisyam, Sharia Business Head BTPN.

SESUAI SYARIAH

Sementara itu, menurut Drs KH Syafruddin, Katib PWNU, gadai syariah yang selama ini beroperasi telah sesuai dengan prinsip syariah. Ia menegaskan, bahwa gadai emas pada hakikatnya tidak dipersoalkan selama itu masih sesuai dengan aturan - aturan Islam. Yaitu tidak menyebabkan adanya kerugian bagi salah satu pihak.

Syafruddin menambahkan, adanya biaya administrasi dalam proses pengambilan barang bukan termasuk riba, yang penting bukanlah penghasilan yang diucapkan di waktu bertransaksi.

KEUNTUNGAN GADAI SYARIAH

  1. Nilai taksiran tinggi
  2. Jasa penyimpanan murah
  3. Administrasi murah
  4. Sesuai prinsip syariah
KEKURANGAN GADAI SYARIAH
  1. Kantir pelayanan belum terlalu banyak
  2. Terpusat di kota - kota besar
  3. Barang gadai masih terbatas emas batangan atau perhiasan.
Nah, Itu dia Plus Minus Gadai Syariah, Wallahu'alam.