Kisah Jenazah Mengaji Di Alam Barzah

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Surat Al Mulk punya fadhilah atau manfaat yang luar biasa. Salah satunya menjadi penghalang siksa kubur. Seperti yang dijelaskan Rasulullah Saw kepada para sahabatnya ketika mendengar suara jenazah membaca surat Al Mulk tersebut.

Ilustrasi

Setiap orang pasti akan mengalami kematian. Kematian itu merupakan berpisahnya roh dari tubuhnya, ia kan berada di alam Barzah atau alam kubur. Sayid Sabiq dalam kitabnya Al Aqaidul Islamih menyatakan bahwa alam kubur adalah lebih luas daripada alam dunia.

Perbandingannya antara alam kubur dan alam dunia adalah sebagaimana perbandingan antara alam dunia sekarang dengan alam kandung ibu.

Selama seseorang berada dalam alam kubur, maka ia akan merasakan berbagai macam peristiwa di dalam kuburnya. Mulai dari pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir hingga pada siksa dan kenikmatan kubur.

UCAPAN KUBUR


Syekh Al Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyatakan, kubur dapat berkata kepada si mayat. Rasulullah Saw bersabda, "Kubur itu berkata kepada si mayat ketika mayat itu dimasukkan ke dalamnya. 'Kasihan engkau wahai anak Adam! Apakah yang memperdayakan engkau dengan aku? Apakah engkau tidak tahu bahwa aku ini rumah fitnah, rumah gelap, rumah terpencil, dan rumah ulat? Apakah yang memperdayakan engkau dengan aku, karena engkau melewati aku dengan sikap fadzdzadz yaitu maju selangkah dan mundur (sikap ragu - ragu)'."


Dari Abdullah bin Ubaid bin Umar ra bahwasanya Rasulullah Saw bersabda bahwa mayat itu duduk dan mendengar langkah pengunjungnya. Maka tiada sesuatu yang berkata kepada mayat selain kuburnya yang berbicara, "Kasihan engkau wahai anak Adam! Bukankah engkau telah diperingatkan tentang aku, sempitku, huru-haraku dan ulatku? Maka apakah yang kamu persiapkan untukku?"

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah Saw menyebut salah satu yang bisa menyelamatkan dari siksa kubur adalah Surat Al Mulk. Orang yang semasa hidupnya selalu membaca Surat Al Mulk akan selamat dari siksa kubur.

Menurut Rasulullah, salah satu amalan yang mampu menjadi penghalang siksa kubur adalah membaca surat Al Mulk. Dikisahkan, pernah suatu ketika sahabat Rasulullah Saw mendirikan kemahnya di atas kuburan. Para sahabat tersebut tidak menyadari bahwa ia berada di atas tanah kuburan. Sahabat itu tiba - tiba mendengar dari kubur suara manusia yang sedang membaca surat Al Mulk. Suaranya sungguh merdu dan enak didengar hingga suara itu telah mengkhatamlam surat Al Mulk.

MENJADI PENYELAMAT

Ketika Rasul Saw datang, sahabat bertanya, "Aku telah mendengar seseorang sedang membaca surat Al Mulk dengan jelasnya dari dalam kubur".

Rasulullah Saw bersabda, "Dialah yang menghalangi, dialah yang menyelamatkan, dapat menyelamatkan dari siksa kubur".

Mengenai fadhilah atau keutamaan dari membaca surat Al Mulk ini, Rasulullah Saw bersabda, "Sesungguhnya ada sat surat yang terdiri dari 30 ayat, surat itu dapat membela orang yang selalu membacanya hingga ia diampuni, yaitu Tabarakalladzi biyadihil mulk."

Surat Al Mulk adalah surat ke-60, terdiri dari 30 ayat dan termasuk dalam golongan surat - surat Makkiyah.