Hebat, Ulama Ini Doanya Mampu Sembuhkan Mata Buta

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Abdullah bin Al Mubarak merupakan ulama zuhud yang ahli hadis. Ulama tersebut dianugerahi beberapa karomah oleh Allah SWT. Salah satunya adalah doanya yang mampu sembuhkan kebutaan mata yang dialami oleh orang lain. berikut kisahnya.

Ilustrasi Orang Yang Tidak Bisa Melihat ( Foto @Dream.co.id )

Abdullah bin Al Mubarak memiliki nama lengkap Abu Abdurrahman Abdullah bin al-Mubarak al-Hanzhali al-Marwazi. Abdullah lahir pada tahun 118H/736 M. Ayahnya seorang Turki dan ibunya seorang Persia. Ia adalah seorang ahli hadis terkemuka sekaligus seorang ulama zahud yang termasyhur.

Abdullah bin Mubarak telah belajar di bawah bimbingan beberapa orang guru, baik yang berada di Merv maupun di tempat-tempat lainnya. Ia sangat ahli di dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan, antara lain di dalam gramatika dan kesusastraan.

Selain karya dari segi keilmuan, Abdullah bin Mubarak yang seorang saudagar yang kaya raya. Kekayaannya senantiasa ia gunakan dengan banyak memberi bantuan kepada orang-orang miskin.

BERTOBAT

Namun, sebelum menjadi ulama yang termasyhur, Abdullah bin Mubarak punya pengalaman masa muda yang buruk. Saat itu ia demikian tergila-gila kepada seorang gadis dan membuatnya terus-menerus dalam kegundahan. Suatu malam di musim dingin, ia rela berdiri di bawah jendela kamar wanita pujaannya itu sampai pagi hari. Itu dilakukan hanya karena ingin melihat kekasihnya itu, walau untuk sebentar saja.

Salju turun sepanjang malam itu. Ketika zan Subuh terdengar, Abdullah bin Mubarak masih mengira bahwa itu adalah azan untuk shalat Isya. Sewaktu fajar menyingsing, barulah ia sadar bahwa ia telah meninggalkan shalat Subuh. Ia begitu terlena dalam merindukan kekasihnya itu.

"Wahai putra Mubarak yang tak tahu malu, engkau dapat tegak terpaku sampai pagi hari karena hasrat pribadimu. Tetapi, apabila seorang imam shalat membaca surat yang panjang, engkau menjadi sangat gelisah," katanya kepada dirinya sendiri.

Sejak saat itu hatinya sangat gundah. Kemudian ia bertobat dan menyibukkan diri dengan beribadah kepada Allah SWT. Sedemikian sempurna tobatnya kepada Allah sehingga pada suatu hari ketika ibunya memasuki taman, ia lihat anaknya tertidur di bawah rumput mawar sementara seekor ular sibuk mengusir lalat yang hendak mengusiknya.

Setelah bertobat itu Abdullah bin Mubarak menetap di Baghdad. Di kota inilah ia bergaul dengan tokoh-tokoh sufi. Dari Baghdad ia pergi ke Makkah kemudian kembali ke Merv. Penduduk Merv menyambut kedatangannya dengan hangat. Mereka kemudian mengorganisir kelas-kelas dan kelompok-kelompok studi.

DIKABULKAN DOANYA

Di Kota Merv, Abdullah mendirikan dua buah sekolah tinggi, yang satu untuk golongan Sunah dan satu lagi untuk golongan Fiqh, kemudian ia berangkat ke Hijaz dan untuk kedua kalinya menetap di Makkah.

Di balik ketinggian ilmunya itu, Abdullah bin Mubarak dianugerahi beberapa karomah oleh Allah SWT. Salah satunya mampu menyembuhkan kebutaan mata yang dialami orang lain.

Dikisahkan bahwa suatu hari Abdullah bin al-Mubarak melintasi suatu tempat. Orang-orang mengatakan kepada seorang yang buta untuk meminta doa kepada Abdullah bin Mubarak.

"Mintalah kepadanya segala sesuatu yang engkau butuhkan!" ujar seseorang kepada si buta itu.

Kemudian si buta itu mencoba menghentikan langkah Abdullah bin Mubarak. "Abdullah, berhentilah. Doakanlah kepada Allah untuk mengembalikan penglihatanku ini," seru orang buta itu.

Abdullah lalu berhenti dan mendoakan kesembuhan si buta itu. Abdullah menundukkan kepala, lalu berdoa. Seketika itu juga orang buta itu sembuh dan dapat melihat kembali.