Empat Tipe Orang Beribadah

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Tahukan Anda, apa yang menjadi motivasi orang untuk melakukan kegiatan ritual (beribadah) kepada Allah?

Ilustrasi ( Foto @U-Report )

Jika kita merujuk pada Al-Qur'an, kita tak bisa mengelak untuk tidak beribadah sebab manusia dan juga jin diciptakan Allah tidak lain kecuali untuk menyembah kepada-Nya.

Namun, manusia memang merupakan makhluk yang diberikan pilihan. Tak salah jika dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana dikatakan M. Quraish Shihab, kita bisa menjumpai 4 tipe orang dalam melakukan ibadah.

Pertama, seorang yang melakukan ibadah demi imbalan (surga). 

Kedua, seseorang yang beribadah karena takut siksa neraka. Hal ini memperagakan sikap budak atau buruk terhadap majikan (Tuhan).

Ketiga, seseorang yang bersikap arif, karena dia beribadah dengan menyadari betapa besar anugerah yang telah diberikan Tuhan sehingga dia beribadah demia Allah semata. Tidak mengharap lain, kecuali hanya untuk Allah.

Keempat, tipe tobot yang melakukan ibadah secara otomatis (grubyak-grubyuk) tanpa sebuah pemikiran dan penghayatan bahkan tidak mengerti apa esensi dan tujuan yang dilakukan.

Wallahu'alam, yuk dibantu dishare ya sobat AkuIslam.Id semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semuanya.