Cara Shalat Ketika Keputihan Berlebih

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Menjelang haid biasanya keluar darah putih, namun bagaimana jika darah putih keluar secara berlebihan? Bagaimana cara mengerjakan shalatnya? Sementara ketika shalat cairan darah putih tetap keluar. Ketahuilah jawabannya dengan menyimak uraian di bawah ini.

Wanita Sedang Memanjatkan Doa Usai Shalat ( Foto @Kiblat.net )

Irene (25) merupakan muslimah yang aktif sebagai fashion stylist di salah satu butik terkenal di Jakarta. Ibu satu anak ini memiliki kebiasaan menjelang haid mengeluarkan keputihan yang cukup banyak dan mengganggu aktivitasnya. 

Terutama ketika akan shalat, kerap kali dia harus mengulang cara bersucinya karena ketika dalam shalat dia merasakan ada cairan yang keluar. Artinya shalatnya batal dan harus diulang. hal ini sangat mengganggu aktivitasnya sebagai seorang profesional.

Bahkan, sesekali ketika pekerjaan menanti, akhirnya dia menjamak shalatnya karena merasa ribet jika harus mengulang shalatnya tersebut. Pertanyaannya, apakah ada solusi yang lebih meringankan untuk kondisi seperti ini?

KEBIASAAN NORMAL

Bagi para wanita, keputihan menjelang haid merupakan kebiasaan yang lazim. Artinya, bisa dialami oleh wanita manapun karena hal ini berhubungan dengan hormonal. Namun, jika keluarnya darah putih tersebut berlebihan sehingga mengganggu aktivitas normal, maka Islam memberikan solusi.

Keluarnya darah putih yang terus menerus, bahkan ketika sedangs halat pun tetap keluar, bisa dihukumi seperti istihadah. Artinya, Agar shalatnya tetap dihukumi sah, maka dia harus melakukan cara bersuci seperti orang istihadah.

CARA BERSUCI

Yaitu, dengan cara membersihkan jalan keluar darah putih, lalu menyumbatnya dengan kapas, kemudian mengenakan pakaian dalam. Barulah setelah itu berwudu dan langsung melaksanakan shalat seperti biasa. Ketika merasakan ada cairan yang keluar saat shalat, hal ini harus diabaikan. Sebab, jalan keluar darah putih telah tersumbat. Hanya saja, pada kondisi seperti ini, satu wudu hanya berlaku untuk satu kali shalat fardu saja. Artinya, jika ingin melakukan shalat Qada, maka dia harus melakukan dua kali wudu.

Jika dia telah melakukan cara bersuci seperti ini, Irene tidak perlu lagi menjamak shalatnya dan tidak harus mengulang shalatnya ketika dia merasakan ada cairan yang keluar. Inilah solusi yang diberikan oleh Islam.

Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat serta bisa meningkatkan ibadah kita.