7 Amalan Berpahala Sedekah

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Dalam kehidupan sehari - hari tentu saja kita ingin bisa mendapatkan pahala, dan salah satu jenis pahala yang bisa dilakukan adalah pahala sedekah.

Ilustrasi ( Foto @#HadiWibowo.com )

Islam itu mudah, maka jangan dipersulit, Jika niat kita benar karena murni untuk Allah SWT, setiap apa yang kita lakukan bernilai ibadah. Bahkan ada beberapa ibadah yang bernilai pahala sedekah.

Bersedekah termasuk amal istimewa. Apakah hanya mereka yang berharta yang mampu bersedekah? Ternyata tidak, ada amalan - amalan atau ibadah yang bernilai sedekah. Di antaranya :

TASBIH & TAHMID

Amalan yang satu ini memang ringan di lidah, tapi berat nilai ibadahnya. Nabi Saw bersabda, "Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bersedekah? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah sedekah...," (HR Muslim).

SHALAT DUHA

Setiap hari kita bisa bersedekah meski tidak berupa harta. Kok bisa? Itulah Islam, jika kita rajin shalat Duha setiap hari, sama artinya kita sudah bersedekah.

Rasulullah Saw bersabda : "Diriwayatkan dari Buraidah bahwa ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Saw bersabda, 'Pada diri manusia terdapat tiga ratus enam puluh tiga ruas. Ia memiliki kewajiban bersedekahg atas setiap ruas tersebut.' Para sahabat bertanya, 'Siapakah yang mampu melakukan hal itu, wahai Rasulullah? 'Beliau bersabda, "Ludah di dalam masjid yang ia timbun (dibersihkan) atau sesuatu (penghalang) yang ia singkirkan dari jalanan (bisa mewakili kewajiban sedekah). Jika engkau belum mampu, dua rakaat shalat DUha sudah memadai untuk mewakili kewajibanmu bersedekah'."

JADI IMAM

Maksudnya, jika kita bersedia menjadi imam shalat bagi orang yang tertinggal shalat berjamaah, berarti kita sudah bersedekah. Dari Abu Sa'id bahwa datang seseorang dan Nabi Saw telah selesai menunaikan shalat, maka ia berkata, "Apakah ada di antara kalian yang ingin bersedekah kepada orang ini, lalu shalat bersamanya."

BERGEGAS SHALAT JUMAT

Khusus hari Jumat, kita berkesempatan mendapatkan pahala sedekah, yakni bersegera atau bergegas ke masjid untuk menjalankan shalat Jumat. Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda, "Barang siapa mandi janabah pada hari Jumat, kemudian pergi pada jam pertama, seolah - olah ia berkurban seekor unta...," (HR Bukhari).

Itu artinya kita sudah mendapat pahala berkurban yang dapat disebut juga sebagai amal sedekah.

SENYUM TULUS

Rasulullah Saw bersabda, "Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah," (HR Tirmizi dan Abu Dzar).

Hadis tersebut menjadi jawaban keutamaan tersenyum untuk orang lain.

SUAMI - ISTRI

Selanjutnya adalah ibadah khusus suami-istri, yakni menjalani hubungan suami-istri. Dari Abu Dzar, Nabi Saw bersabda, "Dan hubungan intim di antara kalian adalah sedekah." Para sahabat bertanya, 'Wahai Rasulullah, bagaimana bisa mendatangi istri dengan syahwat bisa bernilai pahala?' Ia berkata, 'Bagaimana pendapatmu jika ada yang meletakkan syahwat tersebut pada yang haram (berzina) bukankah bernilai dosa? Maka sudah sepantasnya meletakkan syahwat tersebut pada yang halal mendatangkan pahala'," (HR Muslim)

BERJALAN KE MASJID

Subhanallah, berjalan ke masjid saja sudah dinilai sedekah. Tentu saja langkahnya ke masjid untuk shalat. Rasulullah Saw bersabda, "Setiap langkah dari perjalanan kalian menuju shalat bernilai sedekah."