Pandangan Rasulullah Menembus Masjid Al Aqsa

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
AkuIslam.Id - Sepulang dari perjalanan Israk Mikraj, Rasulullah Saw mendapat uji publik yang amat berat dari masyarakat Kota Makkah. Banyak hal yang memang serba irrasional mereka tanyakan. Sampai bentuk bangunan Masjid Al Aqsha, keadaan sekitarnya, jumlah pintu pun mereka tanyakan. Maka turunlah mukjizat, sehingga jarak pandang beliau tembus ke Masjid Al Aqsha.

Masjid Al Aqsha / Baitul Maqdis ( Foto @TrekEarth )

Berita bahwa Rasulullah telah melakukan perjalanan suci Israk Mikraj benar - benar menggemparkan penduduk Makkah. Para kafir Qurais berusaha mendustakan kabar tersebut. Termasuk Abu Jahal, dia memerintahkan orangnya untuk menyebar mengundang segenap warga, terutama kaum Bani Ka'ab bin Luayi. 

Mereka disuruh untuk berkumpul di suatu tempat, agar mendengarkan berita yang tidak masuk akal. Ia berharap mereka beramai - ramai mengejek dan mendustakan Rasulullah.

Setelah mereka berkumpul, Rasulullah pun diminta untuk menceritakan perjalanan Israk Mikrajnya. Saat Rasulullah menceritakan perjalanannya itu, salah satu warga bani Ka'ab bin Luayi menyindir Abu Bakar yang mengimani Rasulullah. Saat itu juga banyak sekali pertanyaan untuk menguji kebenaran dari kabar yang dibawa Rasulullah.

BANI RAUHAH

"Wahai Muhammad, jika memang engkau benar telah melakukan perjalanan jauh, apakah yang telah engkau jumpai di perjalananmu?" ujar salah satu Bani Ka'ab. 

Dengan sabar Rasulullah menceritakan tentang semua apa yang beliau temui sewaktu di perjalanan.

"Aku telah melewati kafilah Bani Rauhah yang sedang mencari untanya yang terkucil. Bahkan aku sempat meminum air milik mereka. Coba nanti tanyakan, apakah perbekalan airnya masih utuh!" Si Fulan itu pun ganti berkata, "Lalu katakan kepada kami, kapan kafilah dagang kami akan tiba? Dan berapa jumlah mereka serta apa sajakah yang mereka bawa?"

"Jumlah mereka sekian, yaitu si Anu, Anu dan Anu (semuanya dijelaskan secara rinci). Barisan terdepan, berkendaraan unta Auraq yang warna kulitnya menyerupai warna tanah. Di belakangnya mengangkut dua buah kantong besar. Insya Allah mereka akan tiba saat matahari terbit esok hari!" jelas Rasulullah

TEMBUS PANDANG

Tiba - tiba seseorang dari Bani Adi bernama Muth'im bin 'Adi menerobos kerumunan orang dan maju ke depan dan berkata lantang," Hai Muhammad, sebelum hari ini, aku membenarkan ucapanmu. Tetapi sejak detik ini aku mendustakanmu, sebab aku biasa ke Baitul Maqdis dengan berkendara unta membutuhkan waktu sebulan penuh untuk sampai ke sana. 

Demikian juga pulangnya ke Makkah. Kalau engkau memang benar semalam telah ke Baitul Maqdis aku mempunyai pertanyaan untukmu, berapakah jumlah pintu Masjid Al Aqsha (Baitul Maqdis)?"

Mendengar pertanyaan dari Muth'im bin 'Adi tersebut, beliau tampak sangat bersedih. Sebab, waktu di sana, beliau memang tidak memperhatikan masalah pintu, apalagi menghitungnya. Dalam kesedihannya itu, tiba - tiba turunlah mukjizat. 

Rasulullah Saw melihat dengan jelas seluruh ruangan Masjid Al Aqsha yang berada nan jauh di Palestina. Sehingga Beliau Saw langsung dapat menghitung jumlah pintunya dan memberikan jawaban yang tepat kepada penduduk Makkah.