Ta'ziah Ketika Haid

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Sebelumnya saya minta maaf yang sebesar - besarnya apabila ada kesalahan. Begini bu, seminggu yang lalu ibu kost saya meninggal dunia, dan kebetulan pada saat itu saya sedang datang bulan.

Ilustrasi Wanita Sedang Haid ( Foto @U-Report )

Sebagai anak kost tentu saja saja saya ikut sibuk. Saya ikut melawat, tapi tak ikut menyentuh jenazah. Saya juga ikut mengantar ke pemakaman dan menunggu serta mengikuti pak ustad berdoa dekat liang lahat. Yang saya tanyakan :
1. Apakah saya berdosa dalam hal ini bu, karena dalam kondisi saya yang kotor pada waktu itu. Sedangkan saya ingin sekali menghormati dan menghargai saat - saat terakhir penguburan ibu kost saya.
2. Apakah ada larangan bagi wanita yang sedang haid pergi ke pemakaman dan ikut membaca doa buat orang yang sudah meninggal ?
3. Apa yang seharusnya saya lakukan bu, karena semua ini sudah terjadi dan saya tidak tahu sebelumnya ?

Ini Jawaban Untuk 3 Pertanyaan Di Atas :

Sesuai dengan hadist Nabi kita Muhammad Saw, bahwa wanita diharamkan mengantar jenazah ke makam. Jadi Anda dalam keadaan haid atau tidak haid, Anda hanya boleh mendoakan saja. Yang terjadi di Indonesia adalah adat. Jadi sebaiknya Anda banyak bertaubat, sebagai manusia memang kita banyak berbuat kesalahan.

Nah, Yuk, dibantu sharenya sobat yuk semoga bermanfaat.....