Meski Rajin Sholat Akan Tetapi Amal Tak Dicatat Malaikat, Ini Alasannya ?

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Melakukan ibadah yang terbaik tentu saja harapannya adalah supaya kita bisa mendapatkan amal yang baik juga. Akan tetapi ada juga beberapa kegiatan baik yang justru tidak mendapatkan apa - apa, malah yang didapatkan adalah dosa. Semua itu tergantung dari niatannya.

Ilustrasi Sholat ( Foto @U-Report )

Dari niat jika benar niat kita itu baik maka akan langsung dicatat sebagai bentuk amal. Begitu juga sebaliknya. Sama dengan judul diatas, jika rajin shalat akan tetapi amalnya tidak dicatat malaikat ? Nah kok bisa begitu ?

Rasulullah Saw pernah menyampaikan kekhawatiran mengenai suatu hal yang dikemudian hari bisa menjangkiti umatnya. Rasulullah Saw bersabda, "Sesungguhnya ada sesuatu yang aku takutkan di antara sesuatu yang paling aku takutkan menimpa umatku kelak, yaitu syirik kecil.

Para sahabat bertanya, ‘Apakah syirik kecil itu?’ Beliau menjawab, riya. Dalam sebuah hadis diceritakan pula bahwa di akhirat kelak akan ada sekelompok orang yang mengeluh, merangkak, dan menangis. Mereka berkata, “Ya Allah di dunia kami rajin melakukan shalat, tapi kami dicatat sebagai orang yang tidak mau melakukan shalat”

Para malaikat menjawab, ‘Tidakkah kalian ingat pada waktu kalian melakukan shalat kalian bukan mengharap ridha Allah, tapi kalian mengharap pujian dari manusia, kalau itu yang kalian cari, maka carilah manusia yang kau harapkan pujiannya itu.

Jelas sekali jika kualitas sebuah amal berbanding lurus dengan kualitas niat yang melatarbelakanginya.

Jika niat benar sudah lurus, maka harus lurus juga amal kita. Akan tetapi jika niat kita sudah bengkok, maka amal pun juga akan ikut - ikutan bengkok. Supaya niat kita selalu lurus dan juga ikhlas, alangkah baiknya jika kita menghayati lagi janji - janji yang selalu kita ucap di kala shalat, "Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah seru sekalian alam".

Nah sekarang apakah sobat semuanya sudah benar - benar paham dengan postingan pada judul di atas ?, Semoga postingan ini bisa menjadikan hal yang bermanfaat dan semoga kita bisa lebih meningkatkan lagi amal ibadah kita semuanya sehingga kita bisa menambung amal kita untuk ditebus pada akhir nanti.

Jangan lupa dibantu sharenya juga ya sobat Ceramah Bersama Ingat barang siapa berbagi sebuah informasi yang baik dan juga kebaikan maka ia akan memperoleh hasil yang baik pula. Amin