Ingat Mati Dengan Zikir

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Mari senantiasa kita berzikir, memohon ampun kepada Allah SWT. Mari berzikir untuk mengingat - ingat kematian. Sebab, tak ada yang tahu kapan kematian menghampiri kita.

Ilustrasi Berdzikir ( Foto @U-Report )

Sahabat yang dirahmati Allah SWT, hidup di dunia memang sebentar. Maka kita harus selalu mengingat kematian. Kita harus senantiasa mengabdi untuk Allah SWT dengan menjalankan perintahnya, mulai shalat, berpuasa, menunaikan ibadah haji dan sebagainya.

Hidup di dunia hanyalah untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Untuk itu marilah kita selalu berzikir memohon ampunan kepada Allah atas segala perbuatan kemaksiatan yang sudah dilakukan di atas bumi ini. "Tiap - tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar - benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan," (QS Al Anbiyaa (21 : 35).

Subhanallah, dengan selalu mengucap zikir, segala ujian bisa kita lalui dengan mudah. Berzikir itu artinya ingat. Ingatlah, waktu yang telah diberikan. Apa saja yang telah kita lakukan atas umur yang diberikan Allah,. dan ke mana kita gunakan waktu itu ?

Maka itu, kita disuruh berzikir. Sebagaimana firman-Nya, "Hai orang - orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak - banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang - orang yang beriman," (QS Al Ahzab (33) : 41 - 43).

Jadi, berzikir itu agar kita diberikan jalan terbaik menuju cahaya Allah.

MENDAPAT PAHALA

Selanjutnya kita juga harus bertobat dan beristigfar kepada Allah SWT. Semua orang harus bertobat. Umat bertobat, pemerintah juga harus bertobat. Bertobat itu harus dengan hati yang bersih dan sepenuh hati. Itulah taubatan nasuha, tobat yang sebenar - benarnya.

Pertobatan itu harus langsung diikuti dengan memperbaiki keimanan, berbuat amal kebajikan, mencintai sesama, saling membantu sesamanya, serta bekerja keras. Sabda Rasulullah Saw, "Apabila kamu melintasi teman - teman surga maka hendaklah engkau singgah." Para sahabat bertanya, "Apakah taman - taman surga itu ?" Beliau menjawab, "Kumpulan - kumpulan orang yang berzikir." Pada riwayat lain dikatakan, "Majelis - majelis zikir," (HR at-Tirmidzi dan Imam Ahmad).

Lalu, di antara manfaat zikir berjamaah, kita mengakui kesalahan kita bersama - sama. Allah akan memberikan ampunan dan pahala yang besar kepada mereka yang berzikir. Sebagaimana dijelaskan dalam Alquran, artinya, "Sesungguhnya laki - laki dan perempuan yang muslim, laki - laki dan perempuan yang mukmin, laki - laki dan perempuan yang benar, laki - laki dan perempuan yang sabar, laki - laki dan perempuan yang khusyuk', laki - laki dan perempuan yang bersedekah, laki - laki dan perempuan yang berpuasa, dan laki - laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki - laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar," (QS Al Ahzab (33): 35).

Subhanallah. Sahabat ceramah bersama semuanya, Beruntunglah orang yang senantiasa banyak berzikir dan memohon ampunan kepada Allah. Karena, Allah menjanjikan berbagai macam pahala untuk mereka.