Inilah Zikir & Ibadah Yang Berpahala Seperti Pahala Haji

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Bagi Anda yang tidak mampu melaksanakan ibadah haji dan umrah ke Tanah Suci, hendaknya tetap sabar dan tak perlu putus asa. Sebab, Allah telah menyediakan alternatif kepada kita dengan melaksanakan amalan - amalan ibadah yang pahalanya sama dengan pahala haji.

Ilustrasi Ibadah Yang Nilainya Seperti Pahala Haji ( Foto @Ceramah Bersama )

Di antara keadilan Allah kepada para hamba-Nya adalah dengan memberikan kesempatan yang sama kepada seseorang untuk mendapatkan pahala yang besar seperti pahala ibadah haji. Meski tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah haji karena kendala fisik atau biaya, namun Allah tetap memberikan kemurahan kepada mereka untuk mendapatkan pahala haji itu dengan melakukan ibadah yang berbeda.

PERBANYAK TASBIH

Di antara amalan yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan pahala seperti pahala haji adalah dengan memperbanyak membaca tasbih, yaitu dengan lafal subhanallah. Meski bacaan tersebut sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan, namun Allah memberikan pahala yang sangat besar kepada orang yang senang membacanya hingga disamakan dengan pahala haji.

Dalam sebuah hadis, disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Barang siapa bertasbih (mengucap Subhanallah) seratus di pagi hari dan seratus di malam hari, seolah - olah seperti orang yang berhaji seratus kali. Dan barang siapa yang bertahmid (mengucap Alhamdulillah) seratus di pagi hari dan seratus di malam hari, seolah - olah seperti orang yang menunggang seratus kuda di jalan Allah atau ikut berperang seratus kali. Dan barang siapa bertahlil (menyebut La Ilaaha Illallah) seratus kali waktu pagi dan seratus kali waktu malam, maka pahalanya seperti orang yang memerdekakan seratus budak dari anak turunan Nabi Ismail. Dan barang siapa bertakbir (mengucap Allahu Akbar) seratus kali waktu pagi dan seratus kali waktu malam, maka pada hari itu tidak ada seorang yang datang dengan membawa pekerjaan yang lebih baik dari dirinya, kecuali orang yang melakukan hal yang sama atau lebih dari itu, " (HR. Tirmizi).

JAMAAH SUBUH PLUS DUHA

Ibadah lain yang dapat kita lakukan dengan pahal ayng bernilai haji adalah dengan melakukan shalat Subuh, lalu berzikir, dan melaksanakan shalat Duha setelah masuk waktu Duha. Hal itu sesuai dengan hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik Ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah, kemudian tetap duduk dan zikurllah sampai matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah. Rasulullah Saw menambahkan, 'Sempurna, sempurna, sempurna'," (HR Tabrani).

JAMAAH KE MASJID

SHalat jamaah memiliki nilai pahala yang berlipat-lipat dibanding shalat sendirian. bagi seseorang yang shalat di masjid, tentu nilai pahalanya akan semakin besar hingga menyamai pahala ibadah haji. Karena itu, selama ada waktu yang memungkinkan untuk shalat berjamaah di masjid, hendaknya disempatkan dengan baik.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Umamah disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Barang siapa keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan shalat fardu, maka pahalanya seperti pahala haji orang berihram," (HR Abu Daud).

NGAJI DI MASJID

Masjid adalah rumah Allah yang sangat dimuliakan. Karena itu, siapa yang melakukan kebaikan di masjid, baik yang berupa ibadah maupun yang berhubungan dengan orang lain seperti aktivitas belajar mengajar, maka Allah akan memberikan pahala yang sangat besar. Bahkan, pahala yang disediakan Allah tersebut sama dengan pahala ibadah haji.

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Abu Umamah bahwa Nabi Saw bersabda, "Barang siapa pergi ke masjid, dia tidak menginginkan kecuali mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala seperti pahala orang haji sempurna hajinya."