Wasiat Rasulullah Bagi Para Pemimpin

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Memilih seorang pemimpin dan juga wakil pemimpin tentu haruslah benar - benar sesuai dengan hati nurani dan juga kepercayaan kita terhadap konsep dan juga misi pemimpin tersebut untuk memajukan sebuah negara.

Ilustrasi Wasiat Rasululah Untuk Para Pemimpin ( Foto@Ceramah Bersama )

Tentu pilihan kita hendaknya mampu menjalankan amanah umat. Alangkah baiknya kita perhatikan pesan baginda Nabi untuk para pemimpin.

Rasulullah Saw bersabda, sebagaimana pernah dituturkan Aisyah Ra : "Sesungguhnya celakanya umat - umat sebelum kalian karena jika orang mulia mereka mencuri, mereka membiarkannya; jika orang lemah mencuri, mereka menerapkan hukum atasnya," (HR. At-Tirmidzi).

Dari ilustrasi dalam hadis tersebut tentu kita semain sadar bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memberikan rasa keadilan yang seadil - adilnya, tanpa membedakan siapa yang berbuat kesalahan.

TETAP HARUS ADIL

Dari hadis tersebut di atas, tanggung jawab pemimpin yang baik adalah memberikan rasa keadilan. Sebab, sesungguhnya pemimpin adalah pelayan umat. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda : "Pemimpin suatu kaum adalah pelayan mereka," (HR Abu Nu'aim).

Dalam hadis yang lain digambarkan lebih tegas lagi. Rasulullah Saw bersabda : "Seorang pemimpin (penguasa) adalah pemelihara; dia bertanggung jawab atas pemeliharaan mereka," (HR Al Bukhari).

Insya Allah bagi pemimpin yang demikian kemuliaan akan didapat. Rasulullah Saw juga mengingatkan : "Tidak seorang hamba pun yang diserahi oleh Allah untuk memelihara dan mengurusi kemaslahatan rakyat, lalu dia tidak melingkupi rakyat dengan nasihat kecuali ia tidak akan mencium harumnya surga," (HR Bukhari).

AWAS JANGAN ZALIM

Tentu sudah tahu jika siapapun tidak diperkenakan berlaku zalim kepada sesamanya, apalagi dia seorang pemimpin, tentu dituntut lebih membawa masalah untuk umatnya. Diingatkan oleh Rasulullah Saw dalam sabdanya, yang artinya, "Sesungguhnya seburuk-buruk pemimpin adalah Al Hathamah (mereka yang menzalimi rakyatnya dan tidak menyayangi mereka)," (HR Muslim).

Untuk itu bagi pemimpin yang baik tentu akan mendapat kebaikan dari doa orang yang dipimpinnya. Digambarkan dalam hadis lainnya, "Sebaik - baik pemimpin adalah mereka yang kalian cantai dan mencintai kalian, yang kalian doakan dan mereka mendoakan kalian. Seburuk - buruk pemimpin adalah mereka yang kalian benci dan mereka membenci kalian, yang kalian laknat dan mereka melaknat kalian," (HR Muslim).

INGAT AZAB ALLAH

Satu lagi pesan Rasulullah Saw pada pemimpin agar menjaga diri dari hasrat untuk mengambil harta rakyatnya atau korupsi, apapun bentuknya. Sebab, ingatlah bahwa itulah indikasi pemimpin yang zalim. Sungguh pemimpin yang seperti itu akan mendapat azab yang sangat pedih. Rasulullah Saw bersabda : "Manusia yang paling keras siksaannya pada Hari Kiamat kelak ada dua : wanita yang bermaksiat terhadap suaminya dan pemimpin suatu kaum, sementara kaum itu membencinya," (HR At-Tirmidzi).

Dalam hadis lain bahkan ancamannya lebih tegas Rasulullah Saw bersabda : "Tidak seorang hamba pun yang diserahi Allah memelihara dan mengurus (kepentingan) rakyat meninggal, sementara ia menipu rakyatnya, kecuali Allah mengharamkan atas dirinya surga," (HR Muslim, Ahmad dan Ad-Darimi).

Mudah - mudahan kita dianugerahkan oleh Allah pemimpin yang amanah dan dicintai umatnya. Yuk, mari dibantu sharenya sahabat Ceramah Bersama, kira - kira di Pilgub DKI nanti siapa yang akan menjadi pilihan Anda, apakah itu Nomor 1, 2 atau 3.