Inilah Pengakuan Jenazah Di Alam Barzakh

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Nikmat kubur dan siksa kubur merupakan kenyataan yang terjadi di alam barzakh ( alam kubur ). Seperti yang di alami oleh ahli kubur yang mendapatkan nikmat kubur karena selama hidupnya banyak beribadah.

Ilustrasi Kuburan ( Foto @U-Report )

Diriwayatkan dari Mytraf bin Abdullah Al Harsyi bahwa pada suatu ketika, tepatnya di hari Jumat, dia keluar ke kuburan untuk berziarah. Ia kemudian mengerjakan shalat dua rakaat yang tidak terlalu panjang. Selepas shalat, tiba - tiba dia mengantuk dan tertidur. Di dalam tidurnya, Mutraf bermimpi aneh. Ia melihat beberapa ahli kubur berbincang - bincang dengannya.

"Engkau telah mengerjakan sesuatu yang tidak dapat dikerjakan olehku. Padahal dua rakaat itu bagiku lebih daripada dunia dan seisinya ini," kata salah seorang ahli kubur.

"Ceritakan kepadaku, Kuburan siapa saja yang ada di sini ?" tanya balik Mutraf

"Kuburan orang yang baik - baik dan semuanya adalah orang Muslim," jawab ahli kubur.

"Lalu, siapakah ahli kubur yang paling mulia di antara ahli - ahli kubur di sini ?" tanya Mutraf, masih penasaran.

"Kuburan itu, dia yang paling mulia diantara kami," jawab ahli kubur sambil menunjuk pada sebuah kuburan.

PAHALA HAJI DAN UMRAH

Mutraf ingin sekali mengetahui ahli kubur yang disebut paling mulia itu, dia pun berharap semoga Allah SWT berkenan mengeluarkan ahli kubur tersebut dan bisa berbicara dengannya.

Harapan Mutraf tersebut ternyata dikabulkan oleh Allah SWT. Tak lama kemudian, ahli kubur termulia tersebut keluar dari kuburnya dalam keadaan yang gembira dan menemui Mutraf. ternyata ahli kubur itu masih cukup muda. Mutraf pun langsung menyapa dan menanyakan kepada ahli kubur itu.

"Betulkan engkau adalah ahli kubur yang paling mulai di sini ?" tanya Mutraf.

"Mereka mengatakan bahwa diriku demikian," jawab ahli kubur itu.

"Apa yang telah menyebabkan dirimu menjadi ahli kubur yang paling mulia ? amalan apa saja yang pernah engkau perbuat selama hidupmu ?" tanya Mutraf kembali.

"Walaupun aku masih muda, tapi telah banyak mengerjakan ibadah haji dan umrah, berperang di jalan Allah dan beramal saleh," ujar Ahli kubur mulai itu.

"Apakah hanya itu ?" tanya lagi Mutraf

SABAR KETIKA DITIMPA MUSIBAH

"Semasa hidup, setiap kali aku ditimpa musibah, aku selalu bersabar dan tawakal kepada Allah. Itulah yang menyebabkan aku memperoleh kemuliaan tersebut," jelas ahli kubur yang membuat Mutraf terperangah.

Beberapa saat kemudian, Mutraf pun terbangun dari tidurnya. Mimpi itu begitu mempengaruhi dirinya.

Mutraf kemudian menyadari betapa pentingnya ibadah dan amal baik yang dilakukan seseorang selama hidupnya. Sebab, hal itu sangat menentukan baik dan tidaknya mereka ketika berada di alam kubur.

Sejak saat itu ia lebih giat dalam beribadah. Ia berharap kelak di alam kubur mendapatkan nikmat kubur seperti yang dirasakan oleh ahli kubur termulia dalam mimpinya itu.