Ini Dia Amalan Sehari - Hari Favorit Nabi

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Ada beberapa perkara yang kadang-kadang kita lupa untuk mengerjakannya. padahal junjungan kita Nabi Muhammad Saw suka melakukannya. Dua di antaranya adalah menjaga wudu dan rajin bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Ilustrasi ( Foto @ceramah bersama )

Terkadang kita bingung bertanya ke sana - kemari untuk mencari ijazah amalan yang panjang - panjang dan memberatkan. Tentu saja itu baik, tapi alangkah mudahnya jika kita mulai dari hal - hal kecil yang sudah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw. berikut di antaranya beberapa amalan sehari - hari favorit Nabi Muhammad Saw :

MENJAGA WUDU

Ini mungkin tampak sederhana, tapi hasilnya dahsyat. Dalam sebuah hadis disebutkan, barang siapa yang berwudu saat ingin tidur dan meminta supaya Allah berikan kebaikan dunia dan akhirat pasti akan dikabulkan (HR Tirmizi).

Bahkan, bila perlu, silahkan memperbarui wudu tiap kali akan shalat. "Barang siapa yang berwudu dalam keadaan suci, Allah catatkan 10 kebaikan baginya," (HR Abu Dawud).

BERSHALAWAT

Salah satu wujud cinta kita kepada Nabi Muhammad Saw adalah dengan bershalawat kepadanya setiap saat. Pada ulama mengatakan, barang siapa yang bershalawat 41 kali sehari, insyaAllah, akan dihindarkan daripada sifat tercela seperti hasad dengki, riya', dan lainnya dalam dirinya. Bershalawat 33 kali sehari dapat menjernihkan hati, mudah memahami akan sesuatu ilmu yang diajarkan, di samping berolah ketenangan pikiran.

BERISTIGFAR

Setelah shalat, Nabi selalu memohon ampun atau beristigfar (astagfirullahalaziim) tiga kali (HR Muslim). Dalam riwayat yang lain, kadang - kadang Nabi beristigfar 75 kali sehari.

Ibnu Umar radhiyallahu'anhuma berkata : "Sesungguhnya kami benar - benar menghitung zikir Rasulullah shalallahu 'alaih wa sallam dalam satu kali majelis (pertemuan), beliau mengucapkan 100 kali (istigfar dalam majelis) : "Ya rabb ampunilah aku, terimalah tobatku, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Tobat dan Maha Penyayang'," (HR Abu Dawud 1295).

AMALAN SEBELUM TIDUR

Ketika Nabi tidur, beliau membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq, dan An-Naas, lalu meniup telapak tangan serta menyapu ke seluruh tubuh (mohon perlindungan-Nya) (HR Bukhari).

Selain itu, sebelum tidur, Nabi senantiasa wudu dahulu, Selain itu, ketika beliau mendapat hal yang baik atau kegembiraan, beliau selalu sujud syukur, Nabi sering melakukannya ketika berolah kabar yang menyenangkan sebagai tanda syukur pada Allah SWT.


Nah, itulah sobat ceramah bersama mengenai amalan sehari - hari favorit Nabi Muhammad Saw. Semoga bisa bermanfaat dan dibantu juga sharenya ya.