Segelas Susu Kenyangkan Banyak Orang

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Rasulullah Muhammad Saw memiliki banyak mukjizat sebagai bukti kerasulannya. Salah satunya segelas susu pemberian seseorang ternyata mampu mengenyangkan banyak orang.

Ilustrasi

Di antara para Nabi Dan Rasul, Nabi Muhammad memiliki mukjizat yang paling banyak. Berikut ini salah satunya. Diceritakan, saat itu Abu Hurairah yang merupakan sahabat Nabi yang sangat miskin, tetapi amat banyak ilmunya serta kuat hafalannya. Saat itu dia sedang duduk di pinggir jalan karena lemas belum makan. Dan, Rasulullah melintas di depannya. Dengan tersenyum, Rasulullah menyapanya. "Ya Aba Hirr !"

Mendengar sapaan dari Rasulullah, Abu Hurairah segera menyahut, "Labbaika, Ya Rasulullah (aku datang memenuhi panggilanmu, wahai Rasulullah)."

"Ikutlah aku !" ajak Rasulullah.

PEMBERIAN SAHABAT
Abu Hurairah pun segera bangkit dan mengikuti Rasulullah. Hingga sampai ke rumahnya. Kemudian Rasulullah menyuruhnya masuk ke dalam rumah. Saat masuk ke kediamannya itu, Rasulullah menemukan segelas susu. Lalu, beliau bertanya kepada istrinya, dari mana susu tersebut. Ternyata susu itu dari seorang sahabat yang menghadiahkannya kepada Rasulullah.

"Ya Aba Hirr !" panggil Rasulullah pada Abu Hurairah.

"Labbaika, Ya Rasulullah," jawabnya

"Pergilah dan panggil ahlushshuffah," perintah Rasulullah.

Ahlushshuffah merupakan sekumpulan sahabat yang tinggal di masjid Rasulullah karena tidak memiliki ahrta serta tempat tinggal serta tidak memiliki keluarga (Di Kota Madinah, ).

Sebenarnya Abu Hurairah merasa berhak mendapat seteguk susu lebih dahulu agar kekuatannya yang hilang bisa kembali. Saat itu Abu Hurairah benar - benar merasakan haus dan lapar, tubuhnya pun cukup lemas. Belum lagi dia pasti akan melayani para ahlushshuffah itu. Ia khawatir jika tidak kebagian.

BERBAGI
Namun, Abu Hurairah tidak mau menentang perintah Rasulullah. Dia segera bergegas memenuhi perintah Rasulullah untuk mengundang ahlushshuffah tersebut. Mereka pun tiba di rumah Rasulullah. Abu Hurairah di perintah Rasulullah untuk menjamu para tamunya itu.

"Terimalah ini dan bagikan kepada mereka !" ujar Rasulullah pada Abu Hurairah. Maka, Abu Hurairah memberikan gelas berisi susu itu kepada orang pertama. Orang itu meminumnya sampai puas. Kemudian gelas tersebut dikembalikan kepada Abu Hurairah. Lalu, gelas tersebut diberikan lag kepada orang kedua, ketiga, keempat dan seterusnya hingga semua merasa puas. Sungguh menakjubkan ! Gelas itu pun diterima kembali oleh Rasulullah.

Setelah mereka kenyang, mereka pun undur diri. Tinggallah Rasulullah dan Abu Hurairah saja. Lalu, Rasulullah tersenyum kepada Abu Hurairah dan berkata, "Yaa Aba Hirr, sekarang tinggal aku dan kamu, duduklah dan minum," ujar Rasulullah sambil mengeluarkan gelas yang berisi susu tersebut.

Maka, Abu Hurairah duduk dan minum. Rasulullah terus menyuruhnya minum sampai Abu Hurairah berkata,"Demi Allah yang mengutusmu dengan kebenaran, sudah tidak ada tempat lagi dalam perutku."

Kemudian bersabda, "Berikan kepadaku gelas itu." Beliau memuji Allah dan bersyukur lalu membaca, "Bismillah," dan meminum sisa susu itu. (Sumber Al Bukhari, No 6087).