Perubahan Diri Untuk Kualitas Ibadah

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Sepanjang manusia diberikan tambahan umur, maka di balik itu ada sebuah kesempatan yang diberikan kepada manusia untuk melakukan banyak perubahan ke arah yang lebih baik. Salah satu perubahan itu adalah peningkatan kualitas ibadah. Jangan kita abaikan perubahan ini karena bermanfaat bagi kehidupan duniawi dan akhirat.

Ilustrasi Meningkatkan Kualitas Ibadah ( Foo @U-Report )

Perubahan dalam hidup adalah sesuatu yang pasti, tidak bisa diubah lagi. Kita dahulu belum ada, lalu ada, dan besok tidak ada. Perubahan itu adalah sesuatu yang pasi, maka kia pasi berubah.

Peningkatan bisa kita lihat dalam berbagai aspek. Aspek yang pertama yang paling utama adalah peningkatan dalam hal ibadah. Apalah artinya seseorang meningkat dalam masalah materi dan kedudukannya kalau tidak meningkatkan ibadahnya kepada Allah SWT.

Berkaca dari kisah Fir'aun, dimana kekuasaannya semakin meluas, semakin ditakuti rakyatnya, maka ia sombong dan mengaku sebagai Tuhan. Akhirnya, ia ditenggelamkan di laut merah.

Maka, setiap hari kita kontrol, apakah ibadah kita sudah ada peningkatan dibandingkan hari kemarin.

Allah berfirman dalam suratnya, "Dan bagi tiap - tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba - lomba (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari Kiamat). Sesunggunya Allah MahaKuasa atas segala sesuatu," (Al Baqarah : 148).

BERLOMBA DALAM KEBAIKAN
Ketaatan kepada Allah bukan terbatas hanya dalam menjalankan ibadah mandhah seperti shalat dan berpuasa. Namun juga dalam ibadah - ibadah yang berhubungan dengan manusia, seperti menyebarkan ilmu, menginfakan harta, menolong orang lain, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu pentingnya bagi kita untuk selalu berlomba - lomba dalam hal kebaikan dan memperbanyak amal ibadah. Berlomba dalam hal kebaikan dapat diartikan sebagai bersegera melaksanakan ketaatan.

Peningkatan lain yang harus kita lakukan adalah peningkatan masalah pencarian nafkah.

Berlomba untuk memperoleh kebaikan juga harus diimbangi dengan pencarian materi yang cukup unuk memenuhi kebutuhan kita. Selain itu Allah juga memerintahkan kita untuk membayar zakat. Allah memerintahkan kita untuk menunaikan ibadah haji dan Allah memerintahkan kita unuk bersedekah dan semua itu memerlukan harta.

Seseorang idak bisa beribadah dengan benar jika ia idak memiliki ilmu yang terkait dengan ibadah itu. Bagaimana seseorang bisa menunaikan ibadah haji dengan benar kalau ia tidak mengetahui syarat shalat, rukun shalat, dan hal - hal yang membatalkan shalat. Jadi selain harus meningkatkan ibadah, tenunya harus memantapkan ilmu dengan meningkatkannya agar dapat menunjang peribadatan kia.

Masih ada banyak peningkatan yang harus kita lakukan dapat diringkas menjadi dua. Pertama yaiu peningkatan dalam penghambaan kita kepada Allah dan yang kedua adalah peningkatan kia dalam memberikan manfaayt kepada sesama Manusia.