Mimpi Imam Al Ghazali Tentang Makam Terbelah

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Imam Al Ghazali pernah bermimpi tentang azab kubur yang begitu mengerikan. Setelah berdialog dengan ahli kubur itu, Imam Al Ghazali baru tahu bahwa penyebabnya adalah ahli kubur itu sering shalat Subuh tanpa berwudu karena takut kedinginan.

Ilustrasi Kuburan Terbelah ( Foto @U-Report )

Dikisahkan, suatu ketika Imam Al Ghazali tiba di rumahnya dalam kondisi yang lelah karena seharian berdakwah di banyak tempat. Namun demikian, saat itu ia tak langsung tidur, tetapi mengambil wudu, lalu shalat Tahajud. ia memang sangat menjaga keistiqomahannya shalat malam.

Usai shalat malam itu, ia pun berzikir. Sebenarnya, selepas zikir, ia masih ingin membaca Alquran, namun tiba - tiba ia merasa mengantuk yang luar biasa. Akhirnya ia tertidur dalam posisi berzikir. Namun, tak lama kemudian, ia terbangun dengan raut wajah yang tampak kaget.

"Astagfirullah, kenapa aku bermimpi seperti itu ?" Gumanya dalam hati.

Beberapa saat kemudian, ia kembali melaksanakan shalat hingga menjelang waktu Subuh. Saat waktu Subuh datang, ia melaksanakannya dengan berjamaah. Sebagaimana biasanya, setelah shalat jamaah, Imam Al Ghazali memberikan fatwa kepada jamaah.

DIALOG AHLI KUBUR
Setelah memberikan salam kepada para jamaah, Imam Al Ghazali tiba - tiba teringat akan mimpi buruk yang dialaminya semalam.

"Para jamaah, tadi malam aku baru saja bermimpi yang cukup mengejutkan. Baru kali ini aku mimpi seperti itu," ujarnya kepada para jamaahnya.

"Segera saja utarakan kepada kami, aku yakin mimpi itu pasti sangat menarik bagi kita semua," Kata salah satu jamaahnya.

Imam Al Ghazali mengatakan, dalam mimpi itu ada kejadian yang cukup aneh. ia bermimpi melihat sebuah kuburan yang terbelah. Lalu, keluarlah beberapa orang yang telah mati. Di antara mayat - mayat itu ada seorang pemuda yang disiksa dengan berbagai jenis siksaan.

"Aku kasihan sekali dengan dia, meski dia bukan keluargaku. Karena itulah aku mendekatinya," kata Imam Al Ghazali.

Kemudian Imam Al Ghazali mendekati pemuda itu dan memberinya salam. Pemuda itu pun menjawab salamnya dengan nada sakit. Imam Al Ghazali pun bertanya dengan pelan - pelan, "Hai anak muda penghuni kubur, ada apa denganmu ? Mengapa engkau disiksa, sementara temanmu tidak?"

SIKSA PEDIH
Mendapatkan pertanyaan itu, ahli  kubur itu terus menangis. Ia pun menjawab dengan nada pelan juga.

"Demi Allah, bantulah keterasinganku, siksaan ini sangat pedih," ujarnya

"Coba kamu ceritakan. Aku ingin mengetahuinya," tanya Imam Al Ghazali lagi.

"Aku pernah tidak wudu ketika akan shalat Subuh karena aku takut kedinginan," Ucap pemuda itu.

Mendengar cerita dari pemuda itu, Imam Al Ghazali sedih sekali, karena itulah ia bertanya, "Apa hubungannya antara siksaan yang kamu terima yang begitu dahsyat dengan kamu tidak berwudu ketika shalat Subuh ?"

"Akibat aku tidak wudu itulah aku disiksa dan dalam kuburku ini aku dihadang oleh serigala yang menakutkan sekali. Keadaanku semakin bertambah buruk," pungkas ahli kubur itu.