Kisah Nabi Belajar Pada Ulat

Mau Beli Merchandise AKUISLAM.ID Beli Di Sini (DISINI>>)Terima Kasih Buat Sahabat Yang Sudah Beli Merchandise AkuIslam.Id, Semoga Berkah.

Advertisement
Ceramah Bersama - Nabi Daud As Pernah mendapatkan pelajaran berharga dari seekor ulat. Saat itu Nabi Daud As sempat meremehkan keberadaan seekor ulat merah. Namun Allah SWT kemudian memberikan kelebihan kepada ulat itu sehingga bisa berbicara dengan Nabi Daud. Apa yang dijelaskan ulat itu ? Berikut kisahnya.

Ilustrasi ( Foto @U-Report )

Jangan pernah meremehkan keberadaan makhluk Allah SWT di bumi ini meskipun terhadap hewan yang kecil seperti ulat. Sebab ternyata ulat itu banyak berzikir kepada Allah SWT. Salah satu bukti bahwa makhluk Allah di muka bumi itu berzikir kepada Allah adalah tertera dalam kisah Nabi Daud As saat melihat sebuah ulat merah melata di tanah. Dengan sedikit meremehkan, Nabi Daud benar - benar tidak menyangka kalau binatang kecil itu ternyata memiliki kebiasaan berzikir kepada Allah SWT.

ULAT DAPAT BERBICARA
Sebagaimana yang diterangkan dalam kitab Mukasyafatul Qulub, karta Imam Al Ghazali bahwa tatkala Nabi Daud As sedang duduk dalam suraunya sambil membaca kitab Az Zabur, tiba - tiba dia tak sengaja melihat seekor ulat merah melata di tanah. Hal itu membuat Nabi Daud As penasaran.

"Apa yang dikehendaki Allah dengan ulat ini ?" kata Daud, katanya di dalam hati sedikit meremehkan binatang itu.

Tak lama setelah Nabi Daud berkata demikian, Allah mengizinkan ulat merah itu berbicara. Sesuai perintah, ulat merah itu pun mulai berbicara pada Nabi Daud As. Ulat itu pun langsung mengabarkan bahwa dirinya mendapatkan ilham untuk berzikir kepada Allah dan bershalawat kepada Rasulullah Saw.

"Wahai Nabi Allah, Allah SWT telah mengilhamkan kepadaku untuk membaca, 'Subhanallahu walhamdulillahi wala ilaha illallahu mllahu akbar' setiap hari sebanyak 1000 kali dan pada malamnya Allah mengilhamkan kepadaku supaya membaca, 'Allahumma shalli ala Muhammadin annabiyyil ummiyyi wa ala alihi wa shahbihi wa salim' setiap malam sebanyak 1000 kali," terang ulat itu memberikan pelajaran pada Nabi Daud.

KEBIASAAN BERZIKIR
Kenyataan tersebut membuat Nabi Daud kaget. Beliau tidak menyangka kalau ulat merah tersebut bisa berbicara demikian dan memiliki kebiasaan berzikir kepada Allah.

"Apakah yang dapat kamu katakan kepadaku agar aku dapat faidah darimu ?" imbuh ulat itu kembali.

Ucapan ulat itu membuat Nabi Daud sadar bahwa dirinya sempat meremehkan ulat itu. Didekatinya ulat itu, kemudian matanya memandang sebelah mata ulat tersebut. ulat itu tampak sangat takut kepada Allah SWT.

Maka Nabi Daud As pun bertobat dan berserah diri kepada Allah SWT. Ia tidak mau kekhilafan dirinya dibiarkan berlarut - larut, apalagi sampai melupakan kesalahannya itu. Karena itu, setelah ia menyadari akan kesalahannya itu, ia sadar betul bahwa sekecil apa pun makhluk Allah di muka bumi tidak bisa diremehkan atau direndahkan begitu saja.

Apa yang Allah ciptakan penuh dengan rencana, hanya kita saja yang belum mengetahuinya.